Selasa, 15 Juli 2014

Mobil Tanpa Sopir Google


Sebuah inovasi baru dari Google yakni mobile tanpa awak atau Google Self-Driving Cars telah diujicobakan menyusuri jalan raya di seputar Nevada, Amerika Serikat.

Pengujian ini dilakukan setelah mobil tersebut mengantongi izin beroperasi dari Department of Motor Vehicles (DMV) atau Pejabat Departemen Kendaraan Bermotor Amerika Serikat.

sebuah Lexus hybrid SUV warna putih melaju mulus di jalanan Silicon Valley tak jauh dari markas besar Google. Di bagian atap mobil tersebut nampak sebuah kamera. Ya, mobil tersebut adalah Google Self-driving Car, mobil tanpa awak yang diharapkan siap rilis antara tahun 2017 hingga 2020 nanti.

“Orang benci mengemudi,” demikian ujar Self-Driving Project director Chris Urmson yang dinukil dari CNET News. Google Self-driving Car adalah proyek ambisius Google yang mencoba untuk memutus rantai human error

Google raksasa internet asal amerika sukses melakukan uji coba mobil tanpa awak atau Self-driving Car di jalanan Silicon Valley tak jauh dari markas besar Google, mobil jenis Lexus hybrid SUV ini dilengkapi kamera di bagian atap serta peralatan canggih tersebut diharapkan siap rilis antara tahun 2017 hingga 2020 nanti.

Seperti yang dilansir dari CNET News (15/05/14) Google Self-driving Car adalah proyek ambisius Google yang mencoba untuk memutus rantai human error yang bisa akibatkan kecelakaan mengemudi lewat sebuah software, Google telah memulai proyek ini sejak tahun 2009 lalu.

 “Google di posisi unik untuk menuntaskan masalah ini. Ada penelitian keseluruhan dalam mengambil peta untuk membandingkannya dengan posisi Anda,” ujar Dmitri Dolgov satu insinyur perangkat lunak di tim Google Self-driving Car.

Mobil tanpa awak Google ini tidak bekerja sendiri melainkan membutuhkan dukungan perangkat lain. Adalah pemetaan digital Google Maps yang membantu berikan informasi tentang situasi lalu-lintas di jalan raya, Sehingga, Google Self-driving Car sangat tergantung dengan peta prebuilt. Itulah mengapa jangkauan moda transportasi ini sangat terbatas.

Namun lebih jauh Andrew Chatham, insinyur pemetaan di tim Google Self-driving Car berujar jika ketergantungan ini akan dikikis secara bertahap, “Kami tentu tidak terlalu bergantung pada akurasi sempurna dari peta seiring waktu. Kami juga sedang meningkatkan kemampuan untuk membangun peta sendiri,” ungkapnya.

Sumber :
http://www.wartanews.com/techno/124837194/google-sukses-uji-coba-mobil-tanpa-awak


0 komentar:

Posting Komentar