Minggu, 15 Juni 2014

Penutupan Windows XP



            Terhitung mulai 8 April 2014 mendatang, Microsoft secara resmi akan menghentikan semua pelayanan serta dukungan yang dibutuhkan untuk sistem operasi Windows XP. Dengan semakin dekatnya tanggal pemberhentian dukungan untuk salah satu sistem operasi milik Microsoft tersebut, maka para pengguna serta pembisnis yang masih menggunakan sistem operasi tersebut harus bersiap untuk memulai migrasi dari sistem operasi lama ini ke sistem operasi yang baru, yaitu Windows 7 dan Windows 8. Hal tersebut disampaikan pada webcast yang ditayangkan langsung dari situs resmi Microsoft pada Selasa (14/5) siang hari ini untuk seluruh area Asia Pasifik.
            Hadir dalam webcast tersebut yang turut berpartisipasi adalah: Jason Lim (General Manager untuk Windows dan Windows Live Division di Microsoft), Michael Barnes (Vice President & Research Director untuk Forrester), dan Takashi Tokunaga (Regional Business Campaign Manager dari Intel Technology Asia). Ketiga pembicara utama ini menjelaskan pentingnya bagi para pengguna Windows terutama di bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk segera memulai perpindahan ke Windows versi terbaru yang lebih modern.
            Sistem operasi Windows XP yang tidak akan lagi mendapatkan pelayanan dan dukungan ini memiliki berbagai bahaya jika terus digunakan untuk ke depannya. Potensi resiko yang akan didapatkan oleh para pengguna Windows XP yang belum berganti ke sistem operasi baru ini adalah permasalahan dalam resiko keamanan terutama dalam berinternet karena akan menjadi sasaran empuk para hacker tak bertanggung jawab, ketidaktersediaannya dukungan resmi berbasis online dan telepon, kegagalan sistem dan gangguan bisnis karena tak memiliki sistem serta dukungan yang lebih baru, dan ketidakkompabilitasan perangkat untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi yang lebih baru di masa depan.
Berikut Dampak Penutupan Sistem Operasi Windows XP yang dikutip dari beberapa sumber :

1.Komputer berbasis akan rentan terserang virus, malware, hacker yang tentu saja akan merugikan penggunannya.
2.Data-data penting seperti data perusahaan, kantor, atau pemerintahan yang masih berbasis Windows XP akan mudah diretas oleh hacker.
3.ATM dengan sistem operasi Windows XP akan mudah diretas hacker. Dengan kata lain, risiko pencurian saldo rekening akan semakin bertambah.
4.Besar kemungkinan para hacker meretas ATM dan mencuri pin rekening seseorang.
5.Rata-rata warnet ( warung internet ) masih menggunakan sistem operasi ini dan kemungkinan besar pemilik warnet akan kewalahan apabila mereka masih belum mengupgrade OS mereka.
6.Bank di dunia yang belum mengupgrade sistem operasinya akan mengalami kerugian yang sangat besar.
7.Komputer yang masih berbasis Windows XP akan tidak laku terjual.
8.Perusahaan yang masih menggunakan sistem operasi Windows XP berkemungkinan besar mengalami kebangkrutan.
9.Minimarket, Supermarket, Hypermarket, atau toko lainnya yang masih menggunakan mesin kasir berbasis Windows XP akan mengalam kerugian yang besar karena keamanannya tidak terjamin lagi.

Sumber :
http://www.jagatreview.com/2013/05/microsoft-dukungan-terhadap-windows-xp-akan-berakhir-pada-2014/

http://www.clusm.com/2014/02/dampak-penutupan-sistem-operasi-windows.html

0 komentar:

Posting Komentar